Sayyid Amir Ali

A. Pendahuluan

Pada masa periode pertengahan, kerajaan-kerajaan islam terbagi menjadi tiga kerajaan besar, salah satunya adalah kerajaan Mughal yang berpusat di India dengan ibukota Delhi. Kerajaan Mughal memegang kekuasaan dalam masa yang cukup panjang, yakni sekitar tiga setengan abad. Namun masa perkembangan dan kejayaanya hanya dapat dipertahankan sekitar satu abad, yakni sampai masa Raja Auranzeb (1658-1707M). Setelah itu Mughal mengalami kemunduran dan kehancuran.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab kemunduran Mughal yakni, 1) Perebutan kekuasaan antar keluarga penguasa. 2) Pemberontakan oleh umat hindu. 3) Serangan dari kerajaan luar, seperti kerajaan Persia san Afghanistan. 4) Kelemahan dibidang ekonomi yang mengakibatkan persaingan perdagangan antar India dengan Inggris, Portugis dan Perancis yang kemudian Imperalis Inggris menguasai negara India.

Di waktu Inggris telah mulai menanam kekuasaanya di India dan kemajuan peradaban Barat telah mulai dirasakan rakyat India, baik yang beragama Islam atau Hindu. Tetapi diantara kedua umat tersebut orang-orang Hindulah yang lebih banyak dipengaruhi oleh peradaban baru itu, sehingga orang Hindu lebih maju dari orang Islam dan lebih banyak bekerja di kantor-kantor Inggris.

Keadaan umat islam yang lebih mundur dari umat Hindu itulah yang kemudian ingin diatasi oleh pembaharu-pembaharu India, termasuk salah satunya adalah Sayyid Amir Ali.

Makalah selengkapnya dapat anda Download di SINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di-Comment yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: