Qasim Amin

A. Pendahuluan

Sekitar abad ke-18 hingga saat ini (jaman modern), umat Islam di dunia mengalami keterpurukan yang luar biasa sehingga timbul pertanyaan “kenapa umat Islam mundur dan umat lain maju?”. Banyak para pembaru Muslim (entah yang di Timur Tengah dan lainnya) selalu berusaha untuk memperjuangkan Islam dari penjajahan dan mencoba menjawab pertanyaan tersebut dalam tataran praksis seperti yang telah dilakukan oleh Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, dan lain sebagainya.

Para pembaru Muslim tersebut berusaha dengan segala cara untuk membangkitkan kembali semangat umat Islam dalam menimba pengetahuan sehingga mereka mampu bersaing dengan yang lain. Sehingga, tak bisa dinafikan bahwa umat Islam ketika itu terjebak ke dalam kebodohan dan romantisme yang sementara tanpa berpikir untuk kembali menggali khazanah-khazanah Islam dan kemudian mengembangkannya di jaman moderen. Berbeda dengan para pembaru Muslim yang lain, Qasim Amin (1863-1908) di Mesir hadir dengan menawarkan gagasan-gagasannya untuk menjawab pertanyaan “kenapa umat Islam mundur dan yang lain maju?” dan mendorong umat Islam untuk bersaing dengan yang lain.

Qasim Amin memandang kemunduran umat Islam terletak pada pemberdayaan kaum perempuan. Dalam Islam seakan-akan ada diskriminasi antara kaum laki-laki dan kaum perempuan sehingga derajat kaum laki-laki cenderung berada di atas derajat kaum perempuan. Menurut Qasim, pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena kaum perempuanlah yang berperan penting dalam kehidupan dan mereka patut untuk diberdayakan, paling tidak disejajarkan dengan kaum laki-laki. Mungkin Qasimlah tokoh pembaru Muslim yang pertama yang memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dalam Islam sehingga ia mendapatkan gelar “Bapak Feminisme Muslim/Arab” kendati pun ada tokoh-tokoh pembaru Muslim sebelumnya.

Makalah selengkapnya dapat anda Download di SINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di Comment yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: