Nasr Hamid Abu Zayd

A. Pendahuluan

Setiap agama-agama yang ada di dunia, baik itu monoteis maupun politeis, atau agama samawi dan ardhi, tentu mempunyai sejarahnya sendiri-sendiri dalam menapaki perjalanan panjang menyebarkan ajaran agama kepada umat di dunia begitu juga dengan Islam, sebagai agama monoteis yang terakhir dan dipercaya umatnya sebagai agama rahmatan lil a’lamiin, telah terjalindengan suatu konstruksi kebudayaan dan pemikiran di setiap zaman yang telah dilaluinya.

Di mana dalam setiap zamannya telah melahirkan berbagai macam aliran pemikiran yang terkesan secara selintas mereduksi makna Islam itu sendiri. Pemikiran yang telah mewarnai segala macam ranah islami dalam setiap konteksnya. Tentunya mempunyai implikasi yang besar bagi perilaku kehidupan dan pola pikir umatnya.

Tentu kita sudah mengetahui secara mendalam bagaimana zaman pembaharuan Islam dimulai . Atau masa-masa pembaharuan Islam, yang pengaruhnya tidak hanya berlaku dan menjadi mainstream dalam suatu wilayah di dunia Islam secara lokal. Akan tetapi, ia pun berlaku hingga ke luar wilayah baik di dunia Islam maupun di luar dunia Islam, di mana terdapat suatu arus pemikiran yang telah berkembang. Memang dalam Islam, khususnya dalam teks-teks kitab suci al Quran dan tentunya as-Sunnah, terdapat berbagai jenis interpretasi. Ada teks-teks yang tidak dapat ditafsirkan secara mutlak kontekstual.

Akan tetapi, juga ada yang dapat ditafsirkan secara kontekstual, namun ayat-ayat itu hanyalah ayat-ayat yang bersifat muamalah sebab ayat-ayat yang bersifat ubudiyah harus diambil apa adanya. Salah satu tokoh yang mengadakan pembaharuan  pemikiran tentang  tekstualitas al-Qur’an adalah Nasr Hamid Abu Zaid, namanya langsung mencuat setelah pemikirannya tentang teks al-Qur’an, yang dimana pemikirannya tersebut dianggap menyimpang dari Islam (murtad).

Makalah selengkapnya dapat anda Download DISINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di-Comment yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: