Munawir Sadzali

A. Pendahuluan

Pembaharuan mengandung arti fikiran, aliran, gerakan dan upaya untuk memahami kembali sumber Islam dengan melepaskan diri dari pemahaman lama dengan maksud untuk merelevankan Islam dengan suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Maksud pembaharuan disini bukan ditujukan untuk mempertanyakan keabsahan sumber ajaran Islam, melainkan upaya mengubah pola pemikiran umat Islam agar tidak terikat secara kaku kepada pola pemahaman dan pemikiran masa lampau.

Istilah pembaharuan ini sudah sering kita dengar pada era 80an yang digulirkan oleh para cendekiawan Islam pada saat itu. Sebut saja Nurcholis Majid, Abdurrahman Wahid, Djohan Effendi, dan Amin Rais. Tidak ketinggalan juga yang ikut meramaikan wacana pembaharuan ini adalah Munawir Sjadzali, yang pada waktu itu sedang menjabat Menteri Agama Republik Indonesia selama dua periode (1983-1988 dan 1988-1993).

Hal ini terlihat pada sikap dan cara yang mereka tempuh dalam menyelesaikan persoalan keagamaan khususnya yang menyangkut perbankan dan kewarisan. Dalam pembaruan pemikiran dan pengembangan hukum kewarisan islam dengan perangkat metodologis yang terangkum dalam diktum ushul fiqh menjadi agenda yang tak pernah berkesudahan, yang mana memunculkan berbagai tokoh pembaharu dalam islam.

Munawir Sadzali sendiri mencoba untuk menganalisis sebuah konsep kewarisan sebagai bagian dari diskursus hukum islam kontemporer di Indonesia, dan sekaligus menggambarkan prangkat metodologis yang digunakannya dalam pembaruan pemikiran dan pengembangan hukum islam di Indonesia. Dalam hal ini banyak sekali ide dan gagasan yang memunculkan pro dan kontra hingga saat ini, terutama mengenai pembagian warisan antara laki-laki dan perempuan serta mengenai Tata Negara dan Islam. Terhadap kewarisan, Munawir menggunakan konsep dalam ushul fiqh dengan tujuan keadilan bagi semua masyarakat.

Makalah selengkapnya dapat anda Download DISINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di-Comment yah..

2 responses to this post.

  1. Posted by nurul on 16 Oktober 2011 at 2:20 AM

    makasih makalahnya, sejarahnya ??

    Balas

  2. makasih pak atas makalahnya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: