Khaled Abou el-Fadl

A. Pendahuluan

Ungkapan menarik yang pernah dilontarkan oleh Khaled abou el-Fadl, setelah bertahun-tahun membaca sumber-sumber keislaman, saya semakin yakin bahwa islam yang tidak humanistik adalah islam yang keliru, mengingat islam adalah pesan kasih sayang, rahmat, cinta dan keindahan. Demikianlah uangkapan singkat khaled yang tergambar dalam halaman depan karya tulisnya, selamatkan islam dari muslim puritan.

Sepintas dari apa yang dikatakan oleh khaled menggambarkan bagaimana islam yang ramah dan penuh dengan nuansa kasih sayang seakan telah berubah menjadi islam yang berwatak bengis. Menurut khaled semua ini berangkat dari sikap otoriter sejumlah kalangan umat Islam yang merasa ‘paling benar’ dalam menafsirkan Teks Suci al-Qur’an dan Hadis. Padahal lanjut khaled, mereka seharusnya mengatakan bahwa tafsiran mereka hanya salah satu dari tafsir atas Kitab Suci selain ribuan tafsir yang berbeda di tengah umat Islam.

Adanya sikap otoriter yang seakan penafsirannya telah mewakili apa yang dimaui oleh tuhan oleh sementara kalangan elit agama akan melahirkan sikap kesewenang-wenangan akan kehadiran penafsiran lain yang tentu saja berbeda. Dari sikap ekslusif inilah kemudian lahir para hakim yang mengadili dan menjustifikasi pemikiran seseorang sehingga muncullah tuduhan kafir, sesat, murtad dan lain sebagainya. Sementara pandangan inklusif terhadap sebuah penafsiran akan melahirkan sikap toleran. Karena memang seperti yang dikatakan khaled pemegang otoritas kebenaran adalah tuhan yang maha mutlak.

Persoalan otoritas keagamaan merupakan tema sentral yang akan kita temui dalam pembahasan khaled abou el-fadl, khususnya dalam karya tulis beliau Speaking in Gods Name: Islamic Law, Authority And Woman yang sudah diterjemahkan dengan judul Atas Nama Tuhan: dari Fikih Otoriter Ke Fikih Otoritatif. Persoalan inilah yang akan menjadi fokus perbincangan dalam makalah ini.

Makalah selengkapnya dapat anda Download di SINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di-Comment yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: