Dinamika Tarikh Tasyri’ Pada Masa Imam Mazhab

A. Pendahuluan
Berbicara tentang tarikh tasyri’ tidak akan lepas dari factor yudikatif, eksekutif dan kondisi masyarakat, setiap pergantian generasi perkembangan selalu terjadi begitu juga dengan tarikh tasyri’, ada fenomene-feomena yang menarik dari berkembangnya tarikh tasyri’ dimulai dari masa Nabi sampai sekarang ini.

Pada masa Nabi tasyri’ langsung diterima dari Al-Rab yang menciptakan sari’at itu sendiri, dan perkembangan yang dilakukan nabi selalu diawasi oleh allah sendiri, jadi tidak diragukan lagi tentang kebenarannya, posisi nabi sebagai yudikatif dan aksekutif selalu menjadi acuan bagi masyarkat arab pada masa itu.
Perkembangan tasri’ pada masa sahabat tidak begitu drastic, perubahan yang terjadi hanya pada pola amplikasi saja, dan pada masa ini pendapat para sahabat terkait dengan tasyri masih bisa disatukan, tetapi perlu kita ketahui embrio pertama aksisnya perbedaan mazhab  itu adalah pada masa para sahabat setelah Nabi wafat, sehingga timbullah mazhab wishaya, mazhab hak illahi sehingga berkembang menjadi beberapa sekte.

Berkembangnya ulama’-ulama’ hijaz menjadi Ahlul Hadist dan Ra’yi adalah pengaruh pemikiran dari Ali, Ibnu Mas’ud, dan Umr bin Khatab yang sangat terkenal banyak menggunakan ra’yu dalam menetapkan hukum suatu masalah. Dalam hal ini, di kalangan para tabi’in banyak yang terpengaruh oleh cara istimbat hukum para sahabat tersebut, para tabi’in di Iraq terpengaruh oleh ijtihadnuya Ali sedangkan ulama’ hijaz  dipengaruhi oleh pemikiran ibnu abbas yang tidak menggunakan ra’yu.

Timbulnya mazhab sunny adalah perkembangn dari ulama ahlul ra’yu, termaksud juga ulama mazhab yaitu, mazhab Imam Maliki, Imam Hanafi, Imam Syafi’i, dan Imam Hanbal.

Perbedaan pendapat dalam penerapan hukum-hukum sari’ah pada masa ini sengan berbeda, padahal kita ketahui bahwa Imam Safi’i adalah muridnya Imam Malik, tetapi kenapa dalam pemahaman tentang hukumnya berbeda. Dan yang menjadi tanda Tanya apakah dibalik perbedaan tersebut, apakah para imam ingin menciptakan sekte-sekte sendiri, apakah perbebedaan yang segnifikan itu karena dilator belakangi oleh tempat mereka bermukim seperti halnya Imam Safi’i dengan background Iraq dan mesirs sehingga hadirnya Qaul Qadim dan Qaul Jadidnya, Imam Hanifah yang dipengruhi oleh daerah Persia, Imam Malik yang dilatar belakangi oleh negeri Hijaz, dan Imam Hambali yang berlatar belakang sebagai imam di Bagdad, atau ada faktor-fakto yang lainnya.

Dilatar belakangi oleh hal tersebut, maka kami pemekalah akan mencoba mengkaji masalah tersebut, dengan makalah kami yang berjudul Dinamika tarikh tasyri’ ulama pembangun mazhab serta berbagai factor social yang melatar belakangi berkembangnya tasri’. Mudah-mudahan makalah kami dapat member sedikit pandangan kepada para pembaca terkait tentang perkembangang tarikh tasyri’ pada masa imam mazhab.

B. Rumusan masalah
Adapun rumusan masalahyang kami bahas adalah:

  1. Bagaimana dinamika tarikh tasyri’ pada masa imam mazhab ?
  2. Apa yang melatarbelakangi perkembangan tarikh tasyiri’ pada masa imam mazhab?
  3. Bagaimana model ijtihad para imam mazhab terkait dengan Tasyiri’?
  4. Faktor-faktor apa yang menyebabkan berkembangnya empat mazhab ?

Makalah selengkapnya dapat anda download di SINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di comment yah..

4 responses to this post.

  1. Posted by kang nasib on 15 Mei 2012 at 2:44 AM

    bermanfaat sekali and sangat membantu dalam menyelesaikan tugas2 perkuliahan…terima kasih Jazakumulloh ahsanal jaza..

    Balas

  2. Posted by Hie_dha on 4 Oktober 2012 at 1:15 AM

    bermanfaat,,, tp sayang file lengkapnya tdk bisa di dunlut…😦

    Balas

  3. Mohon maaf, berhubung cukup lama saya tidak mengelola blog ini, jadi maaf kalau tidak terurus. Insya Allah link Download untuk filenya sudah diperbaiki. Makasih……

    Balas

  4. Posted by Noer on 4 Desember 2013 at 10:01 AM

    Izin Copy ya…bagus..untuk tambahan referensi …:)..terus berkarya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: