Asghar Ali Engineer

A. Pendahuluan

Secara substansial, setaip agama mengemban misi kebebasan. Semangat pembebasan tersebut salah satunya tercermin dalam teks kitab suci dan teraktualisasi dalam kehidupan nyata oleh para pemeluknya. Namun demikian, sering kali terjadi kesenjangan yang luar biasa antara teks dalam kitab suci dengan teks penafsiran atas kitab suci.

Dalam al-Qur’an persoalan gender merupakan contoh nyata terhadap teks kitab suci, penafsiraan terhadapnya dan konteks sosial yang melingkupi, sering terjadi benturan-benturan dan ketegangan hingga saat ini. Keadilan gender, kesetaraan laki-laki dan perempuan, sehingga suasana di dalam masyarakat muslim masih beragam.

Hanya saja, realisasi keadilan gender bukanlah perkara mudah. Bahkan, di Barat yang sangat maju di bidang industri, ilmu pengetahuan, dan teknologi, dan tingkat pendidikannya tinggi bagi kaum perempuan jauh lebih besar, dan mempunyai potensi lapangan pekerjaan dan kesetaraan gender yang jauh lebih besar, kaum perempuan masih menempati posisi subordianat. Pemukulan istri juga masih merajalela. Akan tetapi, fakta masih menunjukkan bahwa perempuan dibarat tentusaja mendapat tingkat keadilan gender yang jauh lebih tinggi dibanding mereka yang ada dinegara-negara Asia, Afrika, dan Amerika latin.

Realitas yang seperti ini yang menjadi bidikan secara tajam oleh Asghar Ali Engineer. Menurutnya, perbedaan konsep dan peraktik hukum Islam diberbagai belahan dunia menunjukkan bahwa: yang pertama, perbedaan tersebut lebih disebabkan oleh keadaan sosial politik daripada perintah agama. Kedua, dengan demikian penafsiran kitab suci yang tidak adil gender (dan juga yang lainnya) perlu dilakukan rekonstruksi sesuai dengan konteks pengalaman masing-masing. Cara seperti ini akan menjadikan agama terus dinamis, fleksibel, dan dapat menerima perubahan.

Makalah selengkapnya dapat anda Download di SINI, Semoga bermanfaat and jangan lupa di-Comment yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: